03 November 2018
Dasar Pemrograman Java

Melanjutkan tulisan sebelumnya, tulisan kali ini akan membahas tentang metode dasar pembuatan program java.

Membuat Program Java

Secara umum program java dikerjakan dalam 3 tahap yaitu : penulisan kode program (coding), Kompilasi, dan eksekusi program (pengujian). Penulisan kode program adalah tahap dimana kita mengetikkan kode-kode program java menggunakan aplikasi text editor seperti Notepad atau sejenisnya.

Kompilasi adalah proses mengubah kode program java menjadi bytecode (berkas dengan ekstensi .class). Tahap ini akan menggunakan compiler javac yang disediakan dalam Java Development Kit (JDK). Terkahir, eksekusi kode program merupakan tahap dimana kita menjalankan program yang dibuat menggunakan loader java yang juga disediakan dalam Java Development Kit.

Contoh Program

Disini kita akan mencoba membuat sebuah program command line java yang akan menampilkan text "Hello World" dalam jendela aplikasi Command Prompt.

Penulisan Kode Program

Jalankan aplikasi text editor, seperti Notepad atau sejenisnya, kemudian ketikkan kode-kode dibawah ini (perhatikan besar kecil karakter yang digunakan) :

public class HelloWorld {
  public static void main(String[] args) {
    System.out.println("Hello World");
  }
}

Penjelasan : - public class HelloWorld { ... } Pada baris ini kita mendeklarasikan sebuah class dengan nama HelloWorld. Deklarasi class diawali dengan kurung kurawal buka { dan diakhiri dengan kurung kurawal tutup } pada baris 5 - public static void main(String[] args) { ... } Pada baris ini kita mendeklarasikan metode (method) main(String[] args). Metode ini adalah metode default yang dibutuhkan untuk mengeksekusi program java. Metode ini diawali dengan kurung kurawal buka dan diakhiri dengan kurung kurawal tutup pada baris 4 - System.out.println("Hello World") Pada baris ini kita mendeklarasikan pemanggilan metode println() yang akan menampilkan text "Hello World"

HelloWorld.java

Simpan kode program yang sudah diketikkan sebelumnya dengan nama HelloWorld.java pada salah satu direktori sistem operasi, sebagai contoh, kita simpan kode diatas pada direktori C:\latihan-java\

HelloWorld.java

Kompilasi Kode Program

Setelah mengetikkan kode program, tahap berikutnya adalah mengkompilasi kode program tersebut menjadi bytecode menggunakan perintah javac. Tahap kompilasi ini akan dilakukan melalui aplikasi Command Prompt.

Jalankan aplikasi Command Prompt melalui menu StartWindows SystemCommand Prompt (untuk sistem operasi Windows 10).

Pada jendela aplikasi Command Prompt, pindah ke direktori tempat kode program disimpan dengan menggunakan perintah cd. Pada direktori C:\latihan-java\ kita perlu memastikan apakah kode program yang sudah kita ketikkan sebelumnya berada pada direktori tersebut dengan menggunakan perintah dir. Perhatikan gambar dibawah :

Command Prompt

Dari sini kita bisa lanjutkan ke proses kompilasi dengan menggunakan perintah javac diikuti dengan nama file kode program yang sudah diketikkan sebelumnya.

c:\latihan-java>javac HelloWorld.java

Jika terdapat kesalahan pada penulisan kode program, proses kompilasi akan mengembalikan pesan error seperti pada gambar dibawah

Command Prompt 2

Jika anda mendapatkan pesan error seperti diatas, periksa kembali kode program yang sudah dikerjakan sebelumnya, kemudian ulangi proses kompilasi dengan perintah javac.

Jika berhasil, proses kompilasi akan menghasilkan file baru dengan nama HelloWorld.class. Untuk memastikan, ketikkan perintah dir pada jendela Command Prompt

Command Prompt 3

Eksekusi Kode Program

Tahap berikutnya adalah menguji program yang sudah dibuat sebelumnya dengan mengeksekusi program tersebut. Proses eksekusi program dilakukan dengan menggunakan perintah java diikuti dengan nama class dari program (tanpa menyebutkan ekstensi .class)

c:\latihan-java>java HelloWorld

Pada saat dieksekusi, program akan menampilkan text "Hello World" pada jendela Command Prompt. Perhatikan gambar dibawah

Command Prompt 4