04 Januari 2019
Mengakses Website Lokal Melalui Jaringan Internet

Tulisan kali ini akan membahas trik sederhana mengakses website atau aplikasi web melalui jaringan internet langsung dari perangkat lokal (localhost) tanpa perlu menggunakan alamat publik. Metode ini akan berguna untuk beragam keperluan, sebagai contoh untuk mendemokan website atau untuk menganalisa metadata dari website.

Menggunakan LocalTunnel

Cara pertama adalah dengan menggunakan localtunnel. Program ini bisa diinstall menggunakan tool npm yang tersedia dalam paket instalasi NodeJS. Setelah menginstall NodeJS, localtunnel dapat langsung diinstall dengan mengetikkan perintah dibawah pada jendela terminal atau aplikasi Command Prompt :

npm install -g localtunnel

Untuk menggunakan program ini, pastikan web server yang anda gunakan dalam status aktif dan pastikan anda mengetahui nomor port yang digunakan web server tersebut. Sebagai contoh, jika anda menggunakan web server Apache dengan konfigurasi default maka nomor port yang digunakan adalah 80. Dengan konfigurasi ini, program localtunnel bisa dijalankan dengan menggunakan perintah :

lt --port 80

Program localtunnel selanjutnya akan memberikan url publik dari website yang bisa digunakan untuk mengakses website tersebut dari internet. Format url yang diberikan adalah <subdomain>.localtunnel.me. Bagian <subdomain> akan berbeda tiap kali program localtunnel dijalankan. Untuk menetapkan alamat subdomain khusus, kita perlu menambahkan opsi -s atau --subdomain diikuti subdomain yang diinginkan.

Contoh lain, disini kita gunakan web server php pada port 8000 dengan menggunakan folder www sebagai root directory. Web server diaktifkan dengan menggunakan perintah :

php -S 127.0.0.1:8000 -t www

Dari sini kita jalankan program localtunnel dengan menggunakan perintah :

lt --port 8000 --subdomain sad301

Proses eksekusi program bisa diilustrasikan seperti dibawah :

command-prompt

Menggunakan Localhost.run

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengakses website lokal melalui internet adalah dengan menggunakan layanan localhost.run. Disini kita tidak membutuhkan program tambahan dengan asumsi sistem operasi yang kita gunakan menyediakan client SSH.

Proses yang dilakukan kurang lebih sama, pastikan web server sudah diaktifkan dan nomor portnya diketahui. Selebihnya kita tinggal jalankan client ssh dengan perintah seperti berikut :

ssh -R 80:127.0.0.1:8000 ssh.localhost.run

Opsi -R pada perintah diatas berfungsi untuk meneruskan (forward) koneksi pada port server (80) ke port pada perangkat lokal (8000).